organ dan sistem organ pada hewan

ORGAN DAN SISTEM ORGAN PADA HEWAN


Individu atau organisme tersusun atas kumpulan organ dan sistem organ. Organ adalah bagian tubuh yang tersusun dari beberapa jenis jaringan yang saling terkait dan terorganisir. Beberapa jaringan tersebut saling terkait membentuk suatu organ dan bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Kumpulan dari beberapa jenis organ  yang terkait dan bekerja sama melakukan fungsi tertentu membentuk suatu sistem yang di sebut sistem organ. Sistem organ melibatkan beberapa organ tubuh yang fungsinya saling terkait.  pada kesempatan ini, saya akan membahas beberapa organ dan sistem organ pada hewan, fungsinya serta organ-organ yang terlibat dalam sistem organ tersebut.
A. ORGAN 
    Organ terbagi menjadi dua yaitu organ dalam dan organ luar.
    1. Organ dalam
        hati, ginjal, usus, jantung, paru-paru. Adanya berbagai jaringan yang berkumpul membentuk suatu organ tertentu, memungkinkan suatu organ mempunyai kemampuan melaksanakan fungsi hidup yang beraneka ragam. Makin tinggi derajat suatu hewan, makin banyak organ tubuh yang dimilikinya. Hal ini bertujuan untuk efisiensi kerja, karena dengan banyaknya organ tubuh maka pembagian kerja akan semakin efektif. Dalam pembahasan organ ini akan kita lihat salah satu contohnya adalah usus halus (small intestine). Organ ini terdiri atas empat lapisan yang terbentuk oleh kurang lebih enam atau tujuh jaringan yang berbeda. Bagian yang paling dalam berupa lapisan mukosa. Lapisan ini disusun oleh epitelium kolumnar sederhana. Fungsinya untuk pencernaan makanan dan absorbsi sari-sari makanan. Lapisan yang sebelah luarnya berupa lapisan sub mukosa yang terdiri atas jaringan penunjang, yaitu pembuluh darah, pembuluh limpa dan serabut-serabut saraf. Fungsinya untuk mentransfer nutrien dari mukosa ke aliran darah dan limpa untuk selanjutnya didistribusikan ke bagian tubuh yang lainnya. Lapisan ketiga adalah lapisan muscularis yang disusun oleh jaringan otot yaitu otot polos. Lapisan ini berperan di dalam gerakan-gerakan pencernaan makanan. Lapisan yang paling luar adalah serosa. Terdiri dari jaringan fibroblastic yang berada pada sub lapisan dalam dan sub lapisan luar terdiri atas epitelium squamosa. Lapisan ini sebagai pembatas corong pencernaan dan sekaligus sebagai penghubung terhadap membran yang berhubungan dengan intestine. Seluruh komponen jaringan usus halus tadi secara bersamaan membentuk satu fungsi, yaitu prosesing makanan. Jadi dengan demikian usus halus itu merupakan suatu organ. Suatu organ yang bekerja sama dengan organ-organ yang lainnya dengan membentuk suatu fungsi yang lebih kompleks disebut dengan sistem organ sebagai contoh adalah organ-organ yang bekerja sama dengan usus halus dalam prosesing makanan adalah mulut, lambung, hati, pankreas, kelenjar ludah, usus besar, dan lain-lainnya membentuk suatu sistem yang disebut sistem pencernaan. Dalam tubuh Vertebrata terdapat 10 sistem organ yaitu: system integumen, sistem sirkulasi, sistem pernapasan, sistem ekskresi, system pencernaan, sistem skeleton, sistem otot, sistem reproduksi, sistem endokrin, sistem saraf.
2. Organ luar 
    mata, tangan, kaki, telinga, mulut dan hidung

B. Sistem organ
    Makhluk hidup multiseluler adalah organisme dengan kompleksitas sistem yang tinggi. Pada organisme multiseluler, fungsi-fungsi hidupnya ditopang oleh sistem organ. Sistem organ hewan terdiri atas beberapa organ hewan yang bekerja sama menjalankan suatu proses yang menunjang kehidupan seluruh sistem-sistem organ yang lain. Keseluruhan sistem organ tersebut, akhirnya membentuk satu individu organism Pada umumnya, makhluk hidup multiseluler misalnya hewan, memiliki sepuluh jenis sistem organ sebagai berikut.
    1.      Sistem rangka pada hewan
Sistem rangka adalah sistem organ yang tersusun dari beberapa organ rangka seperti tulang belakang, tengkorak tulang rusuk, tulang dada, tulang anggota badan bagian atas, tulang anggota bagian bawah, dan sebagainya. Bersama dengan sistem otot, sistem rangka dikenal juga sebagai sistem gerak.
sesuai dengan namanya, sistem rangka berfungsi untuk memberi bentuk tubuh dan sebagai alat gerak pasif. Sistem inilah yang bertanggung jawab dalam pergerakan hewan, selain itu sistem rangka juga memiliki beberapa fungsi vital bagi tubuh yaitu :
*        Untuk melindungi bagian tubuh yang lunak
*        Sebagai tempat melekat nya otot, dan     
*        Sebagai tempat menyimpannya mineral 
*        Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah
*        untuk melindungi organ-organ vital . 
     2.      Sistem otot pada hewan
             Sistem otot adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam penentuan postur               tubuh dan sistem gerak pada hewan. Selain menentukan postur tubuh, sistem otot               juga mempengaruhi beberapa sistem organ lainnya dan memiliki beberapa fungsi                 yang penting bagi tubuh, yaitu :
*        Sebagai alat gerak aktif
*        Menggerakkan tulang yang melekat padanya
*        Sebagai tempat penyimpanan  glikogen
*        Memungkinkan gerakkan zat dalam atau organ
*        Berperan dalam kontraksi atrium dan ventrikel jantung
Sistem otot disebut sebagai alat gerak aktif karena tulang yang ada pada tubuh hanya akan bergerak jika digerakkan oleh otot yang memiliki kemampuan untuk berkontraksi dan berelaksasi. Sistem otot disusun oleh otot lurik atau otot rangka, otot polos dan otot jantung.
   3.      Sistem saraf pada hewan 
         Sistem saraf adalah sistem organ yang tersusun dari beberapa organ seperti otak,        sumsum tulang belakang, serabut saraf, dan simpul-simpul saraf. Sistem saraf              dibagi menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf merupakan          sistem organ yang bertanggung jawab dalam pengaturan atau koordinasi aktivitas        tubuh.
           Karena fungsinya sebagai pengatur, sistem saraf bersamaan dengan sistem                         endokrin membentuk sistem koordinasi atau sistem regulasi. Beberapa sistem saraf             antara lain :
*        Untuk menerima dan merespon rangsangan
*        Untuk menghantarkan rangsangan ke semua bagian tubuh
*        Sebagai pusat refleks mata dan pendengaran
*        Sebagai pusat keseimbangan dan koordinasi otot
*        Sebagai pengatur gerak refleks
    4.   Sistem pencernaan pada hewan
     Sistem pencernaan adalah sistem organ bertanggung jawab dalam proses pencernaan                  makanan. Sistem ini melibatkan beberapa organ pencernaan seperti mulut, esofagus, lambung,    usus dua belas jari, usus halus,usus besar, hati, empedu, pankreas, dan rektum.
        Secara umum, sistem pencernaan adalah utuk mencerna makanan yang dikonsumsi oleh hewan          agar dapat diserap dan digunakan oleh sel tubuh. Sistem pencernaan memegang peran penting            dalam proses pengolahan makanan mulai dari mulut, pencernaan makanan, hingga penyerapan            sari-sari, makanan yang berguna bagi tubuh.  
 5.      Sistem pernapasan pada hewan
         Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang tersusun dari                 beberapa organ respirasi seperti hidup, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan           paru-paru. Sistem pernapasan dirancang untuk dapat memasukkan oksigen kedalam           tubuh secepat mungkin sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen dapat terpenuhi.
        Sebagai sistem yang bertanggung jawab dalam proses pernapasan, sistem respirasi             memiliki beberapa fungsi penting, yaitu :
  •  Menyediakan oksigen bagi tubuh
  •  Mengeluarkan karbondioksida dari dalam tumbuh
  •   Memecah zat-zat makanan untuk menghasilkan energi
  • Mencegah masuknya makanan ke dalam saluran udara
  • Menyediakan permukaan untuk pertukaran gas
6.      Sistem peredaran darah
Sistem peredaran atau sistem transportasi darah adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam proses peredaran darah disusun oleh beberapa organ seperti jantung, arteri, kapiler, vena, kelenjar limfa, dan pembuluh limfa.
Beberapa fungsi sistem peredaran darah antara lain :
*   Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
*   Mengangkut sari-sari makanan ke seluruh tubuh
*   Mengangkut hormon dari kelenjar ke organ sasaran
*   Mengangkut zat sisa metabolisme yang tidak berguna
*   Melindungi tubuh dari berbagai penyakit
7.      Sistem ekskresi pada hewan
Sistem ekskresi atau sistem pengeluaran adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam proses pengeluaran bahan sisa metabolisme yang sudah tidak di butuhkan lagi oleh tubuh. Sistem ekskresi melibatkan beberapa organ ekskresi melibatkan beberapa organ ekskresi seperti ginjal, hati, paru-paru dan kulit.
Berikut beberapa fungsi sistem ekskresi berdasarkan organ-organ terlibat :
*   Menjaga keseimbangan antara cairan sel dan lingkungan
*   Mengeluarkan karbondioksida dan uap air hasil metabolisme
*   Untuk mengeluarkan empedu yang digunakan mengemulsi lemak
*   Untuk mengeluarkan keringat melalui kelenjar keringat
*   Berperan dalam proses pembentukan urine
8.      Sistem reproduksi hewan
Sistem reproduksi adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam proses perkembangbiakan hewan. Sesuai dengan namanya, sistem reproduksi melibatkan beberapa organ reproduksi pria dan organ reproduksi wanita seperti testis, ovarium, kelenjar kelamin dan sebagainnya.
Organ-organ reproduksi yang terlibat dalam sistem reproduksi berfungsi untuk menghasilkan sel-sel kelamin yang akan digunakan dalam proses perkembangbiakan. Sistem reproduksi merupakan sistem organ yang sangat penting karena menyangkut kelangsungan generasi.
9.      Sistem endokrin
Sistem endokrin merupakan bagian dari sistem regulasi, bekerja sama dengan sistem saraf. Sistem endokrin melibatkan beberapa kelenjar yang berfungsi menghasilkan hormon. Sebelum memasuki sel-sel yang berkaitan, hormon akan masuk kedalam sistem peredaran darah sehingga respons tubuh terhadap hormon akan lebih lambat dibandingkan respons tubuh terhadap impuls saraf.
Sistem endokrin disusun oleh kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, dan kelenjar kelamin. Fungsi utama sistem endokrin adalah untuk menghasilkan hormon-hormon yang berperan dalam berbagai aktivitas tubuh.    
 10. Sistem Kekebalan dan Limfatik Hewan
Sistem ini berfungsi sebagai pertahanan tubuh melawan penyakit. Sistem ini terdiri atas sumsum tulang, kelenjar timus, kelenjar limfa, dan pembuluh limfa.  


Komentar

  1. setelah saya baca ini akhirnya saya bisa sedikit menyelesaikan tugas Makalah saya


    THX yaa

    BalasHapus
  2. Lumayan bagusss artikelny... Tampilan Blog nya sama kaya punya ku lagi... Selera nya sama haha :D

    BalasHapus
  3. Terima kasih, sangat membantu kami yg di pedalaman,

    BalasHapus
  4. How do you make a deposit at a casino? - Dr.MD
    If you like playing with online 경상남도 출장샵 casino games and you like 강릉 출장샵 the feeling, 김해 출장샵 you can start your gaming journey by learning 파주 출장샵 how 전라남도 출장샵 to deposit at a

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungi (jamur) dan kesehatan manusia